Home » Keamanan » Membanggakan Indonesia pernah memiliki armada militer terkuat di Asia

Membanggakan Indonesia pernah memiliki armada militer terkuat di Asia


Apa yg di persiapkan oleh Indonesia ketika mempertahankan kemerdekaan yg telah di capai dengan susah payah, ternyata militer Indonesia pada era Presiden Soekarno tidak kalah tangguh dengan kekuatan militer Luar.. Seperti apakah kekuatan militer rahasia Indonesia yg pernah ada di Indonesia pada 1960..???

1960-an, Era Presiden Sukarno.
kekuatan militer Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia, dan Amerika sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet.

1960, Belanda masih bercokol di Papua. Melihat kekuatan Republik Indonesia yang makin hebat, Belanda yang didukung Barat merancang muslihat untuk membentuk negara boneka yang seakan-akan merdeka, tapi masih dibawah kendali Belanda.

Presiden Sukarno segera mengambil tindakan ekstrim, tujuannya, merebut kembali Papua. Sukarno segera mengeluarkan maklumat “Trikora” di Yogyakarta, dan isinya adalah:
1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda.
2. Kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat
3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.

Berkat kedekatan Indonesia dengan Sovyet, maka Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran kekuatan armada laut dan udara militer termaju di dunia dengan nilai raksasa, US$ 2.5 milyar. Saat ini, kekuatan militer Indonesia menjadi yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.

Kekuatan utama Indonesia di saat Trikora itu adalah salahsatu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi. Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).

Angkatan udara Indonesia juga menjadi salahsatu armada udara paling mematikan di dunia, yang terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari :
1. 20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.
2. 30 pesawat MiG-15.
3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.
4. 10 pesawat supersonic MiG-19.

Pesawat MiG-21 Fishbed adalah salahsatu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2. Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda masih mengandalkan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang.

Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 di Perang Vietnam sampai mendorong Amerika mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, pusat latihan pilot-pilot terbaik yang dikenal dengan nama TOP GUN.

Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Ini membuat Indonesia menjadi salahsatu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Surabaya.

Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.

Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey, puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur. Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.

Ini semua membuat Indonesia menjadi salasahtu kekuatan militer laut dan udara terkuat di dunia. Begitu hebat efeknya, sehingga Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari Papua, dan menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Papua, dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima
sumber : http://muhammadyasiranhar.wordpress.com

Print Artikel Ini Print Artikel Ini
Posted by on Sep 26 2010. Filed under Keamanan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

7 Comments for “Membanggakan Indonesia pernah memiliki armada militer terkuat di Asia”

  1. Indonesia memang hebat hanya sayang masih banyak orang yang terlena dengan masa lalu…… seolah-olah negara kita kaya padahal sebetulnya miskin.

    Terlena dengan tongkat kayu dan batu yang dilempar menjadi tanaman yang akhirnya memaksa beberapa orang tidak mau bekerja keras.

  2. @ Pak Rawi
    setuju pak..
    Setidaknya ada sesuatu yg masih bisa diceritakan bagi rakyat biasa seperti saya, kebanggaan akan sejarah berarti berusaha untuk memimpikan kembali kejayaan yang pernah ada.sesuatu hal yag menjadi pertanyaan juga jika negeri ini miskin, mobil mewah apa didunia yang tidak ada di Indonesia? semua ada bahkan 1 orang bisa 3-4 mobil punya,perumahan mewah juga bertebaran dimana-mana..lalu banyak yang kaya tapi yang miskin juga makin banyak

  3. prajurit masa lalu

    setidaknya masih ada sedikit sejarah pemicu semangat.

  4. Alutsista yang memadai terbukti sangat berpengaruh terhadap eksistensi Indonesia dimata negara lain dan kehormatan, martabat negara ikut dipertaruhkan. Pada masa lalu/era Presiden Soekarno, kita menjadi bangsa yang disegani di asia tenggara bahkan dunia, berbeda pada saat ini misal Malaysia pun berkali2 melecehkan kita masalah pulau perbatasan. Kita harus mandiri utk alutsista dan jangan hanya tergantung dgn Amerika Serikat yang memblokir suku cadang apabila kita pergunakan utk pertahanan negara, namun tdk sesuai dgn strategi Amerika. Manfaatkan IPTN, PAL, Pindad dll dengan kerjasama dgn negara sahabat lain, tdk hanya Amerika. Tegakkan sisitim pemerintahan “murni” presidential, supaya tidak diombang-ambingkan kepentingan oknum DPR yg tdk nasional. Tambahan budget utk alusista, tidak ada pilihan lain, kalau mau negara Indonesia mempunyai wibawa dan disegani negara lain.

  5. wah keren ya bos,tahun kapan itu ya bos, sekarang koq gag terkuat lag ya bos waduh gimana nih

  6. Mantap..bos…Tetapi menurut saya kondisi negara kita sekarang ini adalah karena terlalu mengakarnya Korupsi, Kolusi dan Pungli. Akibatnya banyak pemimpin di negeri ini yang sangat tidak amanah, dan kebijakan2nya juga berdampak yang salah satunya adalah mengenai penguasaan tehnologi militer.
    Jadi intinya adalah, kalau negeri ini tetap menjadi sarang Korupsi, Kolusi dan Pungli, maka kebanggaan2 seperti diatas itu hanya akan tinggal mimpi saja…
    Semoga akan ada pemimpin yang jujur dan amanah di negeri ini….

  7. keren sekali ini postingannyaaa

Leave a Reply


2 + = 8

Login

Login Anggota
Lost Password?

Amprokan Blogger | Temu Blogger Nusantara

Banner Komunitas

Komunitas Blogger Bekasi

Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!

© 2014 Komunitas Blogger Bekasi. All Rights Reserved. Log in - Designed by Gabfire Themes