Home » Event » Be-Blog Tebar Virus Ngeblog dan Wirausaha di SDIT Al-Hikmah Bekasi

Be-Blog Tebar Virus Ngeblog dan Wirausaha di SDIT Al-Hikmah Bekasi

Hari Sabtu (28 Mei 2011) Komunitas Blogger Bekasi (Be-Blog) kembali beraksi tebarkan virus ngeblog ke masyarakat, kali ini ke guru-guru dan oang tua murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Hikmah yang berlokasi di Jalan Bintara Raya No.12 Bekasi.  Empat orang pengurus Be-Blog: saya, Mas Masim Vavai Sugianto, Mas Rawi Wahyudiono dan Om Jay, bergantian berbagi pengalaman ngeblog kepada sekitar 80 orang peserta yang memadati ruang pertemuan SDIT Al-Hikmah.

Ketika saya dan Mas Vavai memasuki ruang pertemuan sekitar pukul 09.05, terlambat lima menit karena macet di Pasar Bintara, para peserta sudah duduk rapih mengelilingi beberapa meja bundar. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 4-5 orang.

Usai penyampaian sambutan oleh Ketua Panitia dan Ketua Yayasan SDIT Al-Hikmah, saya pun menyampaikan paparan mengenai “Pengenalan Blog”. Sebelum memberikan penjelasan tentang blog, saya putarkan film pendek “Blog in Plain English” yang menjelaskan mengenai blog secara sederhana dan singkat (hanya sekitar 2 menit). Setelah pemutaran film barulah saya jelaskan apa itu blog, alasan ngeblog, tips memulai ngeblog dan tentu saja tips untuk memulai menulis. Paparan disampaikan dengan gaya ringan disertai contoh-contoh yang terkait dengan latar belakang peserta pelatihan yang terdiri dari guru dan orang tua murid.

Beberapa hal penting yang saya sampaikan kepada calon-calon blogger antara lain adalah perlunya konsistensi dan ketekunan dalam mengurus blog. Membuat blog mudah, cukup 5-10 menit langsung jadi, yang sulit adalah memeliharanya dan memperbaharui (update) isinya secara berkala. Hal lain yang juga saya sampaikan, janganlah meniatkan ngeblog semata-mata untuk langsung mendapatkan penghasilan (uang) dari blog yang dibuat, tapi niatkan ngeblog untuk berbagi (sharing). Bahwa setelah berbagi akan menghasilkan uang, itu urusan berikutnya.

Ketika memasuki sesi tanya jawab, dengan dimoderatori oleh salah satu orang tua murid (Pak Budi), berbagai pertanyaan pun muncul, termasuk dari para ibu-ibu yang terlihat begitu semangat ingin segera memiliki blog. Pertanyaan yang muncul umumnya terkait bagaimana memulai ngeblog, pilihan tempat ngeblog dan cara membuat blog menjadi terkenal.

Selanjutnya Mas Vavai memaparkan mengenai cara pembuatan blog dengan praktik langsung di laptop masing-masing peserta. Sama seperti saya, sebelum menyampaikan materinya, mas Vavai juga memutarkan sebuah film pendek tentang perlunya berkomunikasi dan menulis di internet. Pesan yang ingin disampaikan adalah “jika ingin mengenal dunia maka membacalah, jika dunia ingin mengenal mu maka menulislah”.

Didukung oleh akses free hotspot dari Telkom Speedy para peserta terlihat antusias mengikuti arahan Mas Vavai yang dengan sabar memberikan arahan membuat blog, bahkan dari cara membuat akun email. Dengan cara yang sederhana dan sistimatis namun memikat, dalam waktu singkat, Mas Vavai berhasil mengarahkan para peserta membuat blog di akun wordpress. Walau Selanjutnya  tugas para peserta untuk mengisi blognya dengan tulisan atau foto yang mereka buat (diakhir acara dinilai dan kepada dua peserta yang berhasil membuat blog terbaik diberikan hadiah handphone).

Usai makan siang, giliran Mas Rawi sang humas beblog yang juga tokoh di Komunitas TDA untuk menyebar virus blog dan dunia usaha. Dengan gaya atraktif khas orang Surabaya mas Rawi berbagi pengalaman ngeblog dan bagaimana lewat ngeblog bisa mendorong usahanya yang terus tumbuh dan berkembang. Diakhir sesi ini selain tertarik untuk membuat dan konsisten memelihara blog, beberapa peserta juga terlihat antusias untuk mulai berwirausaha. Makanya ketika ditawarkan untuk membuat master mind (kelompok pengusaha/calon pengusaha yang berkumpul untuk saling berbagi pengalaman di dunia usaha), mereka langsung tertarik.

Terakhir bertindak sebagai pembicara adalah Om Jay yang datang langsung dari Labs School Rawamangun karena ada acara serupa. Dengan gaya khasnya sebagai seorang guru dan anggota NU (nutup uban), Om Jay menyampaikannya materi “Etika Ngeblog” secara santai dan kocak, apalagi melihat sebagian peserta sudah kelelahan dan ngantuk. Om Jay pun membagikan door prize berupa bukunya yang akan diterbitkan dalam waktu dekat (hehehe Om Jay paling bisa, buku belum terbit tapi sudah diindent untuk hadiah).

Akhirnya acara selesai sekitar pukul 4 sore. Namun sebelum ditutup, terlebih dahulu diumumkan nama 2 orang pemenang lomba blog. Pemenangnya adalah Ibu Ati yang menulis tentang kemacetan di Pasar Kranji dan Ibu Novita yang menulis (dalam bahasa Inggris) mengenai acara pelatihan blog hari ini. Selamat untuk para pemenang. Saya juga ucapkan selamat kepada para peserta lainnya yang telah berhasil membuat blog. Tugas selanjutnya adalah memelihara blog tersebut agar menjadi hidup dan banyak dikunjungi banyak orang. Jangan lupa juga tinggalkan jejak di bloggerbekasi.com agar tulisan bapak dan ibu juga bisa dikunjungi balik.

 

Print Artikel Ini Print Artikel Ini
Posted by on May 29 2011. Filed under Event. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

11 Comments for “Be-Blog Tebar Virus Ngeblog dan Wirausaha di SDIT Al-Hikmah Bekasi”

  1. bangga saya rasanya menjadi komunitas b-blog.
    sebap ide dan ivent nya memiliki arti penting
    untuk bangsa.

  2. Sebuah reportase yg sangat mantap.. Teruslah berbagi dan kumpulkan energi positif

  3. Nikmatnya kalo uda bisa share kaya be-blog ini , kapan ya giliran ane :D

  4. wah sangad bagus share nya,,,
    semoga ilmu ini sangad bermanfaat

  5. terima kasih buat Pak Heru, Mas Vavai, Mas Rawi, & Omjay, seharian tim beblog kumpul dengan para guru & orang tua siswa.

    Banyak manfaat yg kami peroleh, mudah2an akan ada kegiatan buat kami lagi

  6. Thanks berat buat Pak Aris, Mas Vavai, Pak Rawi, dan Omjay. Mudah2an kami mampu menjadi penulis yang produktif dan, oleh karenanya, dapat memelihara blog kami. :-)

  7. Wah seru acaranya ya mas.
    Kapan-kapan mau ikutan deh.
    Kemaren aku juga ngisi acara Supercode Green Entrepreneur di Yogya, jadi gak bisa ikutan disini.

    Salam sehati
    nb.
    mas Irfan makasih ya sudah pakai captcha yang gampaaaaaang banget

  8. Acaranya sangat seru dan meriah. Sayang sekali tidak dapat mampir kesana karena sepulang acara tiba2 dapat berita ada tetangga yg meninggal dunia. Jadi terpaksa buru2 pulang.

    Sukses buat Be-Blog

  9. wao accar nya cukup meriah…semoga sukses y acaranya…

  10. nih baru mantap…biar anak indonesia pada jago ngeblog smua

  11. wah acara nya mantaps juga y…semoga lancar dan sukses sllu y gan..
    salam kenal good luck always….

Leave a Reply


2 + = 7

Login

Login Anggota
Lost Password?

Amprokan Blogger | Temu Blogger Nusantara

Banner Komunitas

Komunitas Blogger Bekasi

Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!

© 2014 Komunitas Blogger Bekasi. All Rights Reserved. Log in - Designed by Gabfire Themes