Home » Politik » Pemilukada Bekasi: Omong Kosong tentang Politik!

Pemilukada Bekasi: Omong Kosong tentang Politik!

Masih ingat tagline: “Serahkan Saja Pada Ahli-nya”? Ya, tagline ini pernah dipakai oleh seorang Fauzi Bowo alias “Bang Foke” saat maju dalam Pemilukada DKI-Jakarta untuk periode 2007-2012 yang lalu. Walaupun saat ini tagline tersebut hanya tinggal tagline semata, karena faktanya “Ahli” saja ternyata tidak cukup untuk mengatasi ruwetnya permasalahan di Kota Jakarta.

 

Nah, terkait dengan kata “Ahli-nya” tersebut, sebenarnya sudah lama saya menunggu tulisan para jawara yang katanya “Ahli” dan memang terjun bebas dalam bidang politik di Bekasi, khususnya para penulis yang tergabung dalam “Beblog” ini untuk menganalisa secara lebih detail lagi tentang “Peta Politik” dalam wilayah Bekasi. Namun demikian, dari pada kelamaan menunggu analisa dari para “Ahli” tersebut, lebih baik saya saja yang menjadi “Sok Ahli”, siapa tau saja bisa ikutan kepilih menjadi jajaran “Tim Ahli” Bupati dan Wakil Bupati Bekasi pada periode mendatang.J

Sebelum “Sok Ahli” membahas lebih jauh tentang politik, iseng-iseng saya lihat dulu arti politik itu sendiri melalui Wikipedia. Menurut wikipedia politik itu sendiri merupakan sebuah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam sebuah negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik. Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Mungkin saja ada banyak lagi teori yangmenjelaskan tentang definisi politik tersebut, tapi dari pada semakin bingung apa itu arti politik, sebaiknya satu pengertian tersebut sudah lebih dari cukup bagi pemula seperti saya untuk mencoba menulis tentang politik.

 

Kalau melihat pengertian tersebut, kelihatan sekali “Politik” itu mengarah atau menjurus terhadap kekuasaan, makanya seringkali politik sangat identik dengan kekuasaan. Bagaimana cara meraih kekuasaaan tersebut? itu juga merupakan sebuah bagian rangkaian dalam berpolitik. Dalam wilayah yang lebih kecil seperti Kabupaten Bekasi kali ini, tentu saja seharusnya kegiatan berpolitik itu lebih sederhana dan tidak terlalu sulit menjalankannya, ketimbang kita melihat politik secara nasional. Namun bagi saya, politik itu tetap saja sangat “Complicated”, baik itu dalam tataran nasional maupun tataran lokal. Ada banyak contoh kawan politik yang pada akhirnya menjadi lawan politik, politik itu seperti pisau bermata dua, bisa menusuk lawan dan kita sendiri dari berbagai arah yang tak diduga-duga. Bagi saya politik itu bagaikan sebuah kisah cinta yang katanya “Never Ending Story”, he..he..:-)

 

Sebelum terlalu jauh membahas pengertian tentang “Politik”, lebih baik saya kembali lagi kefokus utama pembahasan tentang Pemilukada Kabupaten Bekasi, yang hingga saat ini para calon Bupati dan Wakilnya masih sibuk bertarung merebut simpati dan suara warga Bekasi agar memilihnya. Selain melalui “Blogging Media”, “Mainstream Media” juga tidak kalah gesit mempertontonkan para petarung Pemilukada Kabupaten Bekasi ini yang sedianya akan dilaksanakan pada 11 Maret 2012 mendatang. Debat publik pun sudah dilakukan melalui media TV yang berskala nasional, ada yang “Kelihatan Pintar”, ada yang “Pintar karena Lihat-Lihat”, ada juga yang “Pintar-Pintar Melihat” kondisi, intinya semuanya merasa layak jadi penguasa di wilayah Kabupaten Bekasi.

 

Saya tidak ingin berbicara mengenai konten politik dan “Debat Publik” yang nampaknya sangat mudah di ucapkan dengan polesan data-data yang kelihatannya “wah”, tapi tetap saja standar. Dengan fokus belajar beberapa bulan dan melakukan riset kecil-kecilan dan sedikit membekali keahlian berpidato ditambah rasa percaya diri, sayapun sepertinya merasa layak dan pantas jadi Bupati di Bekasi, dan siap sedia untuk berdebat politik sambil pakai setelan baju bagus gaya Bekasi ala calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi kali ini. Sayangnya, saya tidak punya cukup “Uang” untuk maju sebagai calon dari sebuah partai politik, apalagi lewat jalur independen.

 

Menjadi seorang pemimpin tidak hanya selesai dengan menjawab secara teoritis maupun akademis dalam sebuah acara debat, ada banyak fakta dilapangan yang bahkan tidak bisa dijelaskan dengan teori keilmuan apapun, meskipun kita sudah merasa sebagai “Ahli-nya”. Lihat saja “Bang Foke” dengan tagline-nya tersebut, apakah beliau saat ini sudah mampu mengatasi ruwetnya permasalahan di Kota Jakarta? Silahkan anda jawab sendiri.

 

Masyarakat saat ini juga sudah tidak terlalu peduli dengan acara “Debat Kusir” yang cenderung saling menjatuhkan para peserta, apalagi saat calon petarung lainnya tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Debat tersebut layaknya anak-anak SD yang sedang bertarung cerdas-cermat untuk mendapatkan sebuah piala sebagai hadiah atas kemenangannya menjawab pertanyaan juri dengan baik dan benar. Nasib peta politik Kabupaten Bekasi dimasa yang akan datang tentu saja tidak akan ditentukan oleh para politikus yang “Kelihatan Pintar” saja karena jago berpidato atau berhasil menjawab seluruh pertanyaan dengan baik dalam acara “Debat Publik” tersebut.

 

Saya sengaja tidak menyebutkan siapa dan bagaimana sepak terjang mereka para peserta Pemilukada Kabupaten Bekasi, alasannya sederhana saja, karena bagi saya tidaklah begitu penting siapa yang menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bekasi pada periode mendatang, yang paling penting bagi saya adalah “seberapa jauh komitmen mereka saat terpilih nanti, untuk mendahulukan kepentingan masyarakat Bekasi, ketimbang kepentingan pribadi atau golongannya saat ini”.

 

Agak susah memang memilih orang-orang yang akan jadi pemimpin kita dimasa mendatang, namun yang paling penting buat masyarakat Bekasi adalah jangan sampai mudah ter-provokasi oleh janji-janji politik para calon Bupati dan Wakil Bupati atau para petarung politik Pemilukada kali ini, pilihlah orang-orang yang menurut anda memang layak dan pantas, sudah jelas integritasnya, terbukti secara positif kiprah dan karyanya bagi wilayah dan masyarakat Bekasi pada umumya.

 

Selamat Pemilukada,

YULYANTO.com

 

 

 

 

Print Artikel Ini Print Artikel Ini
Posted by on Mar 9 2012. Filed under Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

8 Comments for “Pemilukada Bekasi: Omong Kosong tentang Politik!”

  1. Pengantar diskusi yang menarik dari blogger handal yang “sok ahli” politik. Cukup informatif, khususnya bagi saya yang jauh di rantau, untuk mengetahui gelaran pilkada yang ternyata akan berlangsung tanggal 11 Maret 2012.

    Di tengah proses politik tanah air yang masih jauh dari dewasa, tidak dapat dielakkan bahwa proses pemilihan kepala daerah tidak lebih dari perebutan dan bagi-bagi kekuasaan. Calon pemimpin ingin dipilih, sementara rakyatnya sami mawon mudah terbuai oleh angin sorga sesaat dan kemasan para calon yang terlihat lebih indah dari aslinya.

    jadi benar apa kata penulis, pemilukada cuma sekedar omong kosong poltik, setelah itu business as usual.

    salam demokrasi dari negeri yang katanya tidak demokratis tapi tingkat kesejahteraan jauh di atas negara2 yang demokratis, bahkan tingkat perekonomiannya nomor dua terbesar di dunia.

    httpL//arisheruutomo.com

  2. Emang “sok tau” nih… Hehehe… Artikel yg keren, Mas Bro..

  3. Thank you mas @Aris Heru Utomo, setuju mas, indonesia ini negara yang sangat menjunjung demokrasi mas, dikit-dikit demo, dikit-dikit demo, demo kok cuma sedikit?? Kayaknya paham komunis seperti di China, jika diaplikasikan dengan bener lebih bagus buat masyarakat kita kali ya?

    Salam sok tahu!
    Yy

  4. Mar bro @Irfan,

    Lebih keren mana mas bro? Artikelnya atau penulisnya? Saya tau ini jawaban yang sangat sulit buat mas bro! Ha..ha…

    Salam sok tau juga deh!
    Yy

  5. Mantap Mas yulyanto, menjadi pencerahan buat kita semua

  6. keren banget ini postingannya … :D

  7. mending sok tahu daripada sama sekali ngak tahu mas,, wkwkwk..

Leave a Reply


6 + = 14

Login

Login Anggota
Lost Password?

Amprokan Blogger | Temu Blogger Nusantara

Banner Komunitas

Komunitas Blogger Bekasi

Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!

© 2014 Komunitas Blogger Bekasi. All Rights Reserved. Log in - Designed by Gabfire Themes