Home » Bekasi-Ku » Lambang Kota Bekasi

Lambang Kota Bekasi

Hm.. kalo ga salah kemaren ada yang nanyain tentang lambang kota Bekasi. Nah pas banget tadi siang saya ‘kerja’ ke rumah boss saya dan menemukan info tentang lambang kota Bekasi loh. Ternyata eh ternyata, lambang kota Bekasi itu ada di PERATURAN DAERAH KOTA BEKASI NOMOR : 01 TAHUN 1998 TENTANG LAMBANG KOTA BEKASI. BENTUK. ARTI DAN UKURAN PERIMBANGAN LAMBANG.


Lambang tersebut berbentuk perisai dengan warna dasar hijau muda dan biru langit yang berarti harapan masa depan dan keluasan wawasan serta jernih pikiran.

Sesanti “ KOTA PATRIOT “ artinya adalah semangat pengabdian dalam perjuangan bangsa. Di dalam Lambang Daerah tersebut terdapat lukisan-lukisan yang merupakan unsur-unsur sebagai berikut :

A. Bambu runcing berujung lima yang berdiri tegak dengan kokoh mempunyai 2 (dua) makna :

1. Melambangkan hubungan vertikal Mahluk dengan Khaliknya (Manusia dengan Tuhannya) yang

Lambang Kota Bekasi

Lambang Kota Bekasi

mencerminkan masyarakat Bekasi yang religius.

2. Melambangkan semangat patriotisme rakyat Bekasi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa dan Negara yang tidak kenal menyerah sehingga Bekasi menyandang predikat sebagai Kota Patriot.

B. Perisai segi lima melambangkan ketahanan fisik dan mental masyarakat Bekasi dalam menghadapi segala macam ancaman, gangguan, halangan dan tantangan yang datang dari manapun juga terhadap kelangsungan hidup Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

C. Segi empat melambangkan Prasasti Perjuangan Kerawang Bekasi.

D. Pilar Batas Wilayah.

E. Padi dan Buah-buahan melambangkan jumlah Kecamatan dan Kelurahan / Desa pada saat membentuk Kota Bekasi.

1. Buah-buahan berjumlah 7 (tujuh) besar dan 1 (satu) kecil melambangkan 7 Kecamatan : Pondok Gede. Jati Asih. Bantar Gebang. Bekasi Timur. Bekasi Selatan. Bekasi Barat dan Bekasi Utara serta 1 Kecamatan Pembantu : Jati Sampurna.

2. Padi berjumlah 50 (lima puluh) butir melambangkan 50 Kelurahan/ Desa.

F. Tali Simpul berjumlah 10 (sepuluh) yang mengikat ujung tangkai padi dan buah-buahan melambangkan tanggal Hari Jadi.  3 (tiga) buah Anak Tangga penyangga Bambu Runcing melambangkan bulan Hari Jadi Kota Bekasi.

G. Dua baris Gelombang Laut atau Riak Air melambangkan dinamika Masyarakat dan Pemerintah Daerah yang tidak akan pernah berhenti membangun Daerah dan Bangsanya.

Sedangkan warna-warna dalam Lambang Daerah mengandung makna sebagai berikut:

Kuning : Kemuliaan dan menunjukkan daerah Pemukiman.

Biru Langit : Keluasan wawasan dan kejernihan pikiran serta menunjukkan zone Industri.

Putih : Kesucian perjuangan.

Merah : Keberanian untuk berkorban serta menunjukkan daerah Pertanian dan Hortikultura.

Hitam : Ketegaran patriot sejati.

PS. OOT. Kok ga ada warna pink ya?

Sumber : Kota Bekasi dalam Angka 2007

Print Artikel Ini Print Artikel Ini
Posted by on Nov 8 2009. Filed under Bekasi-Ku. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

4 Comments for “Lambang Kota Bekasi”

  1. Kalau sbatas Perda memang sdh ada. Hanya dlm konteks sosial, org belum tahu identitas, ikon,brand dn ciri khas sbg Kota penunjang Jakarta belum trjawab…
    Dibutuhkan ikhtiar keras utk menentukamm ikon dn mensosialisasikan ke masyarakat…

  2. kalau jakarta ada monas,singapore ada merlionnya,uni emirat arab ada burj dubainya,paris ada menara eifelnya,malaysia ada petronas twin towernya,belanda ada kincir angin nya,jepang ada bunga sakuranya,india ada taj mahalnya.kalau bekasi apa yah,,,?

  3. @komar, so, mari kita sosialisasikan. btw, kaga ada patung/tugu bambu runcing ya?!

  4. @yusuf, itu diaaaaa… hm.. kalo bloggerbekasi gimanah?! :D

Leave a Reply


+ 8 = 13

Login

Login Anggota
Lost Password?

Amprokan Blogger | Temu Blogger Nusantara

Banner Komunitas

Komunitas Blogger Bekasi

Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!

© 2014 Komunitas Blogger Bekasi. All Rights Reserved. Log in - Designed by Gabfire Themes