Home » Pendidikan » Media Belajar Matematika : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Media Belajar Matematika : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sebagai bekal mempelajari matematika salah satunya adalah kemampuan berhitung. Kemampuan berhitung siswa perlu dipupuk dan dilatih dengan berbagai teknik agar tertanam dalam pola berpikir anak sehingga nantinya dalam mempelajari matematika tak ada kendala dalam hal kemampuan berhitung.

Setelah siswa menyelesaikan studi di tingkat SD kemampuan berhitung yang harus telah dikuasai adalah meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, dan penarikan akar. Kemampuan berhitung itu harus dikuasai anak untuk diterapkan pada himpunan bilangan Asli, cacah, bulat, dan pecahan/desimal.

Salah satu kemampuan berhitung yang kurang dikuasai dengan baik oleh siswa adalah penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat (negatif dan positif). Hal ini biasanya dikarenakan pada saat pembelajaran siswa masih dalam tahap berpikir kongkrit sementara kebanyakan pembelajaran di kelas tidak didukung oleh media pembelajaran yang memadai. Bagi anak-anak yang “biasa” tentunya akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk memahami materi ini.

Berdasarkan latar belakang tersebut saya mencoba menyajikan sebuah media pembelajaran matematika yang saya maksudkan untuk membantu siswa yang merasa kurang atau belum menguasai kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat tersebut secara interaktif. Sehingga siswa dapat belajar secara mandiri untuk berusaha menguasai kemampuan berhitung tersebut.

Media Pembelajaran Matematika ini saya sajikan dengan dua buah karakter yaitu orang bercelana biru menghadap ke arah kanan sebagai karakter untuk bilangan bulat positif, dan orang bercelana merah menghadap ke arah kiri sebagai karakter bilangan bulat negatif.

Contoh penggunaan media pembelajaran matematika untuk penjumlahan bilangan bulat :

  1. 2 + 3 = …         (bilangan positif dijumlah dengan bilangan bulat positif)
  2. 2 + (-3) = …      (bilangan positif dijumlah dengan bilangan bulat negatif)
  3. -2 + 3 = …        (bilangan negatif dijumlah dengan bilangan bulat positif)
  4. -2 + (-3) = …    (bilangan negatif dijumlah dengan bilangan bulat negatif)

Pada contoh nomor 1 : orang bercelana biru maju 2 langkah (kekanan) diteruskan maju 3 langkah (kekanan)

Pada contoh nomor 2 : orang bercelana biru maju 2 langkah (kekanan) diteruskan orang bercelana merah maju 3 langkah (kekiri)

Pada contoh nomor 3 : orang bercelana merah maju 2 langkah (kekiri) diteruskan orang bercelana biru maju 3 langkah (kekanan)

Pada contoh nomor 4 : orang bercelana merah maju 2 langkah (kekiri) diteruskan orang bercelana merah maju 3 langkah (kekiri)

Karena disini tidak mendukung tautan file Flash (.swf) oleh karena itu jika ingin mencoba media ini solahkan klik tautan di bawah ini :

Penjumlahan Bilangan Bulat

Contoh penggunaan media pembelajaran matematika untuk pengurangan bilangan bulat :

Mengingat sifat pengurangan berkebalikan dengan penjumlahan maka karakter kedua harus berjalan “mundur”

  1. 2 – 3 = …         (bilangan positif dikurang dengan bilangan bulat positif)
  2. 2 – (-3) = …      (bilangan positif dikurang dengan bilangan bulat negatif)
  3. -2 – 3 = …        (bilangan negatif dikurang dengan bilangan bulat positif)
  4. -2 – (-3) = …    (bilangan negatif dikurang dengan bilangan bulat negatif)

Pada contoh nomor 1 : orang bercelana biru maju 2 langkah (kekanan) diteruskan orang bercelana biru mundur 3 langkah (kekiri)

Pada contoh nomor 2 : orang bercelana biru maju 2 langkah (kekanan) diteruskan orang bercelana merah mundur 3 langkah (kekanan)

Pada contoh nomor 3 : orang bercelana merah maju 2 langkah (kekiri) diteruskan orang bercelana biru mundur 3 langkah (kekiri)

Pada contoh nomor 4 : orang bercelana merah maju 2 langkah (kekiri) diteruskan orang bercelana merah mundur 3 langkah (kekanan)

Untuk mencoba media pengurangan bilangan bulat, klik tautan di bawah ini :

Pengurangan Bilangan Bulat

Demikian sekedar sharing untuk rekan-rekan blogger, khususnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dasar, mohon maaf jika terdapat kesalahan penyampaian. Jika berkenan silahkan berkunjung ke :

Media SMP N 23 Bekasi
Matematika untuk anak

Print Artikel Ini Print Artikel Ini
Posted by on Feb 15 2010. Filed under Pendidikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

14 Comments for “Media Belajar Matematika : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat”

  1. bisa jawab kalau aku tanya matematika gak pak?
    bisa nggak matematika diceritakan? dibuat cerpen atau novel gitu.

  2. Saya lagi cari2 bahan bwt belajar anak saya yg kelas V SD,… makasih buat pengelola bloggerbekasi.com ,… Situs ini sangat informatif & mencerahkan. Tetap semangat & tetap dalam komitment memajukan pendidikan Indonesia.

  3. makasih u ilmu nya..mohon izin u dijadikan ref skripsi. :)

  4. @nila,
    sama-sama, mudah2an cepet kelas skripsinya…

  5. Trima ksh…….atas pembelajaran negatif positif nya

  6. Lagu ini selalu membuatku merasa kecil dan melihat Tuhan menjadi begitu Agung dan begitu besar. Semoga semua yang mendengar lagu ini mendapat pencerahan hati, menjadi bersih hatinya dan mau berbagi bersih dengan lingkungannya.Bridesmaid Dresses

  7. asw…
    bapak,, sy tertarik dg artikel bapak. Tp sy masih sedikit kesulitan memvisualisasikannya. Bisakah Bapak melengkapi artikel Anda dg gambar2 misalnya.. terimakasih

  8. @wahyu nurudin, Kayaknya bisa tuh

  9. [...] Posted by masjoker Pendidikan Monday, February 15th, 2010   6,362 views  Print Artikel Ini [...]

  10. mnatp gan infonya…keren abissss

  11. Makasih atas sharenya. Bagus dan bermanfa’at.

  12. Share yang bagus. Jadi bertambah referensi. Terima kasih atas sharenya.

Leave a Reply


+ 6 = 8

Login

Login Anggota
Lost Password?

Amprokan Blogger | Temu Blogger Nusantara

Banner Komunitas

Komunitas Blogger Bekasi

Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!

© 2014 Komunitas Blogger Bekasi. All Rights Reserved. Log in - Designed by Gabfire Themes