Home » Artikel, Bekasi-Ku » Jalur Angkutan Kota Bekasi (Koasi)

Jalur Angkutan Kota Bekasi (Koasi)

KOASIKOASI atau Koperasi Angkutan Bekasi adalah sebuah kendaraan angkutan umum perkotaan dengan bentuk mirip Suzuki Carry atau Mitsubishi T-120 SS. KOASI merupakan kendaraan angkutan utama yang ada dan melayani seluruh wilayah Bekasi. Karena distribusinya yang merata disetiap pelosok wilayah Bekasi, KOASI menjadi pilihan utama bagi para pengguna jasa angkutan umum.

KOASI di Bekasi terdiri dari beberapa tipe, antara lain tipe Elf (setengah bis), tipe Carry dan tipe Kijang. Tipe Elf digunakan untuk jalur jauh atau melintasi tol (misalnya K-45 dan K-50 Bekasi-Cikarang melewati Tol Jakarta Cikampek atau K-01 Perumnas 3 Bekasi-Pulo Gadung). Tipe Kijang melayani ruas Pondok Gede/Pekayon-Terminal Bekasi dan sebagian melayani ruas Perumnas 3 Bekasi-Pulo Gadung. Tipe Carry melayani sebagian besar trayek dengan bentuk seperti pada ilustrasi gambar. Bagi orang non Bekasi, salah satu hal yang memusingkan dari keberadaan KOASI adalah jumlahnya yang sangat banyak. Sampai dengan saat ini tercatat lebih dari 60 jenis KOASI. 1 Jenis KOASI ini melayani 1 trayek dan diberi kode K-XX, misalnya K-01 yang melayani Perumnas 3 Bekasi-Pulo Gadung). Setiap jenis KOASI terbagi lagi kedalam sub trayek yang ditandai dengan huruf abjad A-Z.

Banyaknya jenis dan trayek KOASI ini tidak hanya memusingkan warga non Bekasi. Warga asli Bekasi sekalipun banyak yang tidak hapal trayek dan rute yang dilewati oleh satu KOASI tertentu.

Yang menjadi masalah, ada beberapa jenis KOASI yang melintasi rute yang sama dan ada juga KOASI yang memiliki sistem kode yang tidak standar. Sebagai contoh, KOASI K-16 terdiri dari berbagai varian mulai dari K-16 (biasa disebut K-16 polos) jurusan Tambun-Tambelang, K-16A jurusan Terminal Bekasi-Perumahan Papan Mas Tambun, K-16B jurusan Terminal Bekasi-Perumahan Taman Vila Bekasi Indah Tambun dan K-16C jurusan Terminal Bekasi-Perumahan Griya Asri Tambun). Sistem kode ini tidak berlaku untuk KOASI K-04. KOASI K-04 hanya memiliki 2 trayek, yaitu K-04 jurusan Terminal Bekasi-Perumnas I Bekasi dan K-04B jurusan Terminal Bekasi-Pasar Proyek & Ganda Agung.

Untuk membantu rekan-rekan yang membutuhkan informasi trayek angkuta kota di Bekasi, berikut saya tuliskan daftar jurusan KOASI yang ada. Catatan ini belum lengkap dan akan saya lengkapi secara bertahap.

Trayek Koperasi Angkutan Bekasi (KOASI) :

  1. K-01, Perumnas III Bekasi-Pulo Gadung. Rute : Perumnas 3 Bekasi-Bulak Kapal-Terminal Bekasi-Stasiun KA-Kranji-Cakung-Pulo Gadung
  2. K-02, Pekayon-Pondok Gede – Terminal Bekasi. Rute : Pondok Gede-Pekayon-Metropolitan Mall/Giant-RS Mitra Keluarga-Pemda-Stasiun KA, Pasar Proyek-Terminal
  3. K02 A: Bumi Mutiara – Pondok Gede lewat Villa Nusa Indah. (Lebih seringnya sih cuma sampe Pasar Rebo dan nggak lanjut lagi). Update dari Om JaF (lihat bagian Komentar)
  4. K-03, Bintara-Kranji
  5. K-04, Perumnas I Bekasi. Rute : Perumnas I Bekasi-Buaran-Pemda-Stasiun KA-Terminal. KOASI favorit siswa SMAN 2 & SMAN 4 Bekasi.
  6. K-04B, Ganda Agung – Bekasi. Rute : Ganda Agung-Pasar Proyek-Terminal Bekasi. KOASI favorit siswa SMAN I Bekasi
  7. K-05, Cikunir-Terminal Bekasi
  8. K-05A, Perumahan Taman Galaxi Indah-Terminal Bekasi
  9. K-05B, Perumnas II-Terminal Bekasi
  10. K06, Ujung Aspal-Pd. Gede-Kp. Rambutan (Update dari Erwin)
  11. K06B = Kranggan – Ujung Aspal-Pd. Gede – Kp. rambutan (Update dari Erwin)
  12. K-07, Perumahan Seroja-Terminal Bekasi
  13. K-08, ?
  14. K-09, Babelan-Terminal Bekasi
  15. K-09B, Metropolitan Mall – Babelan Perumahan Taman Wisma Asri. Rute Lengkap :Dari Perumahan Taman Wisma Asri : Jl.Perjuangan – Bulan-bulan ( Stasiun Kereta Api )- Stadion – Rumah sakit Mitra Keluarga – Islamic Centre – Metropolitan Mall. Dari Metropolitan Mall Metropolitan Mall – Polres Metro Bekasi – Mesjid Agung Al Barkah – Stasiun Kereta Api – Jl. Perjuangan – Perumahan Taman Wisma Asri
  16. K-09P, Stasiun KA Bekasi – Perumahan Villa Indah Permai ( VIP ) Bekasi Utara.
  17. K-10, Ujung Harapan-Terminal Bekasi
  18. K-10B, Tol Bekasi Timur-Metropolitan Mall
  19. K-11, Bantar Gebang-Terminal Bekasi
  20. K-11A, Perumahan Rawalumbu-Rawa Panjang / Terminal Bekasi (info dari Belalang :-D )
  21. K-11B, Perumahan Narogong – Rawa Panjang, (info dari Belalang)
  22. K-12, Kampung Cerewed/Duren Jaya-Terminal Bekasi
  23. K-12A, Wisma Jaya-Terminal Bekasi
  24. K-12B, Duren Jaya-Terminal Bekasi (via By pass)
  25. K-13, ?
  26. K-14, ?
  27. K-15, Taruma Jaya-Terminal Bekasi
  28. K-16, Tambun Tambelang
  29. K-16A, Perum Papan Mas-Terminal Bekasi
  30. K-16B, Perum Villa Bekasi Indah-Terminal Bekasi
  31. K-16C, Perum Griya Asri-Terminal Bekasi
  32. K-17, Terminal Cikarang-Lemahabang
  33. K21A, Pabuaran-Kecapi-Pondok Gede-Kp. Rambutan (Update dari Erwin)
  34. K21B, Bantar gebang-kecapi-pondok gede-Kp. Rambutan (Update dari Erwin)
  35. K-23, Tambun-Mustika Jaya/Ciketing
  36. K-25, Pulo Gebang-Rawa Panjang
  37. K28, Ciangsana-Ujung Aspal-Sumir-Setu-TMII-Kp. Rambutan (Update dari Erwin)
  38. K28 Tol, Ciangsana-Ujung Aspal-Tol JORR-TMII-Kp. Rambutan (Update dari Erwin)
  39. K-30, Perum Taman Harapan Indah-Terminal Bekasi
  40. K-31, Perum Taman Harapan Baru-Terminal Bekasi
  41. K-33, Terminal Cikarang-Lemahabang
  42. K-34, Rawa Kalong-Terminal Bekasi
  43. K-36, Cibitung-Terminal Bekasi
  44. K-39, Kompas/SKU-Terminal Bekasi
  45. K-39B, Perum Trias (Tridaya Indah Asri)-Terminal Bekasi
  46. K40, Pasar Rebo – Kampung Rambutan (Update dari Om JaF)
  47. K44, Komsen-Cakung-Kranggan-Cibubur-Tol Jagorawi-Kp. Rambutan (Update dari Erwin)
  48. K-45, Metropolitan Mall/Tol Bekasi Barat-Lippo Cikarang
  49. K-50, Terminal Bekasi-Tol Bekasi Timur-Lippo Cikarang
  50. K-58, Klender-Cililitan. Rute : Kalimalang – Caman – Gerbang Tol Jatibening – Keluar Halim – Cililitan. Info dari Roi.
  51. K-62, Jababeka-Cibitung

Trayek lain yang masih diberi tanda tanya atau belum dimasukkan akan segera dilengkapi. Catatan diatas adalah KOASI-KOASI yang pernah penulis gunakan ;-), bukan sebagai kondektur melainkan sebagai penumpang :-D.

Selain berdasarkan trayek, berikut adalah catatan yang bisa membantu jika memilih trayek KOASI :

  1. KOASI ke Pasar Proyek / SMAN 1 Bekasi : K-04B
  2. KOASI ke Metropolitan Mall / Giant / Hero : K-04, K-05, K-05A, K-07, K-10, K-30, K-31 (dari terminal). K-02, K-11 (dari Pekayon dan dari Rawa Panjang)
  3. KOASI ke RS Mitra Keluarga Bekasi Barat / SMAN 2 Bekasi / Stadion Bekasi : K-04, K-05, K-05A, K-07, K-10, K-30, K-31
  4. KOASI ke RS Mitra Keluarga Bekasi Timur : K-10B
  5. KOASI ke SMAN 3 Bekasi : K-05A, K-02
  6. KOASI ke SMAN 4 Bekasi, Perguruan Patriot, Perguruan Tahta Syajar : K-04, K-07, K-10, K-30, K-31
  7. KOASI ke RSU Bekasi, Pengadilan Negeri, Polres, Kodim & Alun-Alun : K-01
  8. KOASI ke Stasiun KA & PMI (bisa juga ke RSU, Pengadilan, Polres, Kodim dan Alun-alun) : K-02, K-11, K-04, K-05, K-05A, K-07, K-09, K-10, K-15, K-15A, K-30, K-31
  9. KOASI ke RSIA Hermina : K-09, K-15, K-15A
  10. KOASI ke RSIA Bella : K-01, K-12 B

Ada tambahan?

Catatan:

Tulisan ini dikutip dari situs Mycityblogging.com/Bekasi

Print Artikel Ini Print Artikel Ini
Posted by on Aug 9 2009. Filed under Artikel, Bekasi-Ku. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

49 Comments for “Jalur Angkutan Kota Bekasi (Koasi)”

  1. [...] kota berupa mobil van kecil, yang berpenumpang maksimal 14 orang (tergantung sang supir), disebut KOASI (Koperasi Angkutan Bekasi). Selain itu, semenjak krisis moneter, hampir di seluruh sudut kota bekasi dipenuhi oleh alat angkut [...]

  2. [...] jembatan di kali Malang, kemacetan akibat perbaikan di pintu tol Jati Asih atau cerita mengenai jalur angkutan kota Bekasi. Bagi masyarakat bekasi sendiri, informasi tersebut tentu saja dapat bermanfaat untuk [...]

  3. [...] jembatan di kali Malang, kemacetan akibat perbaikan di pintu tol Jati Asih atau cerita mengenai jalur angkutan kota Bekasi. Bagi masyarakat bekasi sendiri, informasi tersebut tentu saja dapat bermanfaat untuk [...]

  4. mas, saya mau tanya, kalo Jalan Cut Mutiah no. 88 bekasi, gampangnya naek angkot nomor berapa…? Saya dari arah kampung rambutan.
    Thank

  5. mantep gan… ini komunitas blogger bekasi ya ??

    salam dari kaskuser regional bekasi
    http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=405

  6. kalau dari kp rambutan ke kemang pratama 2 , tepatnya jalan kemang dahlia raya Z-24, naik apa ya?mending ke bekasi barat (hbs itu nyambung angkot no brp?) atw lwt bekasi timur (stlh itu naik angkot no brp?

  7. minta petunjuk..
    dari stasiun jatinegara ke daerah pasar minggu naik apa ya..

    terima kasih sebelumnya

  8. @rorie, ada saja pertanyaan anda..
    hahaaha..

  9. Itulah uniknya kota BEKASI…………..

  10. rahmat hidayat

    kalau mau ke Pondok Modern Tehnik Ibnu Rusyd bantar gebang naik ap ya?

  11. wah bagus banget …baru tahu :) sangat membantu saya

  12. tambahan!
    K26, Cikunir-Sumber Arta
    K26A, Lia Jakasampurna-Goro (lewat Pondok Pekayon Indah) lewat depan rumah sayah :D

  13. kalau dari kranji mau ke cibitung, naik apa yah? urgent nih. thanks.

  14. bos, kalo dr plaza cibubur mau k mal metropolitan naek apa ya? thanks.

  15. bos, minta petunjuk. saya dari bogor mau ke jalan jababeka. baiknya gmn yah? rencana saya mau ke terminal bis bekasi dulu, nah dari terminal naik apa lagi ke jababeka XI ??? terima kasih.

  16. klo dri klender mau k lippo cikarang naek ap za???

  17. Mo tanya dong, kalo dari bintara mau ke RSIA Permata Cibubur (deket Plaza Cibubur) naik apa ya? Urgent nih.. Thanks :)

  18. Yth. Petugas Dishub Kota Bekasi, tolong ditindak tegas dong ulah para supir angkot 11B jurusan Narogong – Rawapanjang, yang setiap pagi men-sweeping mobil pribadi dan jemputan, dengan gaya preman para oknum tersebut menyetop mobil dan membuka layaknya petugas kepolisian men-sweeping narkoba saja, tolooooooooooooooong dong ditindak tegas.

  19. mau tanya nih, kalo dari terminal bekasi ke pt yamaha music manufacturing, kawasan industri mm2100 cikarang barat ad gx ya n koasi yang mana?

  20. terima kasih atas infonya…

  21. Membaca dari topiknya tadi,emang bener kadang saking jumlah angkotnya yang terlalu banyak itu,sering bikin macet kak,haha :D
    Kadang ada aja pas saya pulang sekolah,angkot angkot berjejeran ngetem di depan jalan sekolah..

    Tapi mau gimana juga,angkot bekasi (koasi) tetep jadi idola warga bekasi karena MURAH MERIAH,haha :D

  22. @antiskullz, Salam kak ! :D

  23. Oiya kak,untuk tambahan,K 31A dari Terminal Bekasi – Medan Satria..

    Buat yang rumahnya di daerah BJI kalo mau sekolah ke SMAN 4 Bekasi,naik angkot ini bisa kok ! ;)

  24. Info yang berminat, bagi warga bekasi atau non bekasi yang mau ke Bekasi. Terima kasih.

  25. Info yang lengkap, dan bermanfa’at. Terima kasih atas infonya.

  26. naik k01 lewat MM gak ya????

  27. kalo dari terminal bekasi ke LBPP LIA Galaxy Bekasi naik apa ya?

  28. kalo dari stasiun bekasi k polres bekasi/jl veteran margajaya naek angkutan apa ya?
    mohon pencerahannya..

  29. MW NANY DR PONDOK TIMUR MW KGRAND WISATA NAIK AP?NAIK K39 APA?MANK TU NYAMPE?

  30. Maaf min sya mau tanya klo dari bogor ke kemang pratama 2 naik angkutan apa yaa?
    Terimaksh ditunggu infonya cepat.

  31. @rorie, Mikrolet M-16 trayeknya Kp Melayu – Ps Minggu/Ragunan

  32. When someone writes an paragraph he/she keeps the image of a
    user in his/her mind that how a user can be aware of
    it. Therefore that’s why this paragraph is amazing. Thanks!

  33. kalo dari stasiun cakung mau ke pasar sumberarta jatibening naik apa min?

  34. kalo dari cikarang selatan ke rawa kalong bekasi saya naik apa urut2anya min?? thanks…

  35. Hi! I just wanted to ask if you ever have any issues
    with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing many months of hard
    work due to no data backup. Do you have any solutions to stop hackers?

  36. kalo dari smpn2 bekasi ke pekayon naik angkot apa ?

  37. Terima Kasih atas infonya berguna sekali,
    saya mau tanya kalau dari jatibening mau ke harapan indah bs ada alernatid lain ga ya?
    Makasih

  38. kl mau ke pondok gede dr stasiun kereta api, naek apa ya?
    terima kasih

  39. Greate pieces. Keep posting such kind of information
    on your blog. Im really impressed by it.
    Hello there, You’ve performed a great job. I’ll definitely digg it and in my view recommend to my
    friends. I am sure they’ll be benefited from this website.

  40. Nice Blog, Gan.
    Ngomong2 KOAS dari Pekayon ke Cibitung naik apa, ya?

  41. Hallo gan mohon petunjuk,, numpang tanya, kalo stasiun kereta api terdekat dari taman harapan baru apa ya? naik angkot apa dari taman harapan baru menuju kestasiun tersebut? trimz :)

  42. Kalo dari bekasi ke ramayana cikarang paling mudah naek apa ya? Tks

  43. mas naek angkot dari terminal bekasi langsung berhenti mall dikalimalang,,naek apa ya mas,,?

  44. Saya mau ke cibubur (dekat bumi perkemahan), kalo dari bekasi barat bisa naik apa ya? Atau alternatif dari terminal bekasi? Atau dari bekasi timur? Trimakasih infonya

  45. Mas kalo dari terminal Bekasi ke Bintara 11 naik apa aja ya? Terima kasih.

  46. Wihhh sangat lengkap, orang yang baru pertama ke Bekasi pun tidak akan nyasar jika ada informasi lengkap seperti ini. Terimakasih admin atas share yang sangat lengkap.

  47. Pagi Bro..
    mau tanya, saya besok tgl 13 Februari ada psikotest di PT Graha Kerindo Utama.
    Mohon bantuannya kalau dr kampung Rambutan naik angkutan apa?
    terus tarifnya berapa?
    Terimakasih
    Tolong dibantu ^_^

Leave a Reply


8 + = 16

Login

Login Anggota
Lost Password?

Amprokan Blogger | Temu Blogger Nusantara

Banner Komunitas

Komunitas Blogger Bekasi

Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!

© 2014 Komunitas Blogger Bekasi. All Rights Reserved. Log in - Designed by Gabfire Themes